Tips menjaga Komputer agar tidak terinfeksi Virus


Dari saya sebagai Pengurus sekaligus pemilik Blog ini.
Selamat pagi, siang atau malam juga sore kepada pembaca sekaligus pengunjung blog ini, di kesempatan ini saya akan memberi sedikit informasi atau tips yang saya dapatkan dari pengalaman saya selama hidup di depan komputer (PC), heheh. 
          Sebelum itu saya sangat berterima kasih kepada Allah Bapa Yang Maha Kuasa, Raja atas segala raja, dan Tuhan atas segala tuhan, karena berkat tuntunan Roh kudusNya saya dapat menyelesaikan penulisan saya ini yang berjudul “Tips menjaga Komputer (PC) dari Virus”. Sebenarnya ini bukanlah makalah atau pidato hehhe..... tapi tidak ada salahnya tetap mengucap syukur terlebih dahulu. :D 
         Pernah PC saya terinfeksi virus sampai ke file-file systemnya, semua program yang saya buka tidak dapat terbuka dan selalu muncul kode peringatan aneh, task manager tidak dapat terbuka atau dihilangkan oleh virus, beberapa antivirus proteksinya dimatikan dan tidak dapat diaktifkan, bukan hanya itu seringkali pc saya tiba-tiba saja mati sendiri, atau sering panas alias overhead karena disebabkan oleh virus. Kejadian ini bukan hanya sekali, tapi berulang kali saya mengalaminya, membuat saya pusing,,, karena jalan satu-satunya yang saya tahu sampai sekarang “cara memberantas virus yang sudah menginfeksi file system (C:)”  adalah dengan cara menginstal ulang OS windowsnya, hehhe.... 
        Untung saja saya mempunyai beberapa versi OS Windows bajakan, dan mengerti cara menggunakannya  Heheh.... Bagaimana bila orang yang mengalami masalah ini tidak tahu cara menginstal ulang OS windowsnya?  Yang pasti akan keluar biaya yang tidak sedikit dari Rp.25k – Rp.50k atau bisa lebih. Belum lagi biaya transportasi hehheh.... 
        Untuk itu saya memberikan sedikit tips agar PC pembaca dapat selalu bersih dari virus-virus jahat yang menyerang PC, tips sederhana dari saya penulis yang sudah saya terapkan sampai sekarang, PC saya masih aman. Heheh..... langsung saja simak tips-tips dari saya dibawah ini...
1.   Installah Anti-virus pada PC anda.
2.   Saya sangat menyarankan menginstal 2 atau lebih anti-virus pada pc sobat,
3. Installah salah satu anti-virus lokal seperti SMADAV dan sisanya sobat bisa menginstal antivirus dari luar, tergantung selera masing-masing. Kenapa harus SMADAV? untuk menjaga kemungkinan virus-virus lokal yang tidak terbaca antivirus produk luar.
Pernah file dalam Flashdisk saya terinfeksi virus, namun hanya smadav yang mendeteksinya, jadi saya sangat menyarankan untuk menginstal antivirus buatan anak bangsa ini. Heheh....
4.  Ups jangan lupa juga pilih antivirus yang ada online security misalnya avast. agar berselancar di internet dengan aman.
5. Selalu Update antivirusnya, masa hanya facebooknya yang update status terus, antivirus tidak pernah diupdate... hehhe
Jika sobat tidak mempunyai akses ke internet untuk melakukan update antivirusnya, bisa pergi ke tempat umum yang menyediakan WiFi gratis atau berbayar seperti WiFi ID untuk sekolah, lalu koneksikan pcnya ke wifi yang tersedia, secara otomatis beberapa antivirus akan mengupdate jenis virus-virus terbaru dari servernya, namun ada beberapa antivirus yang melakukan update secara manual misalnya SMADAV free.
6. Tidak melakukan aksi pada saat Flashdisk dicolokan ke PC. Saya sarankan untuk sobat yang sering menusukan flashdisk pada pc sobat, jangan langsung cepat-cepat mengambil tindakan apalagi flashdisk tersebut telah terinfeksi virus atau tidak, langkah-langkah yang harus dilakukan:  saat jendela autoplay muncul silahkan klik EXIT atau silang merah di sudut kanan atas jendela. Kedua, buka My Computer dan terbiasakan membuka flashdisk melalui Navigation Pane. Tidak mengerti? Langsung lihat gambar dibawah.


Setelah melihat gambar diatas pasti muncul pertanyaan.
Kenapa sih harus membuka flashdisk melalui navigation pane bukannya langsung klik saja pada device with Removable Storage? Kan sama saja.
Jangan salah, justru ini salah satu jalan virus masuk ke pc sobat dengan mudah.. tidak mengerti?
Sebenarnya flashdisk yang tertular virus, memiliki file yang bernama autorun.inf (file ini biasanya banyak ditemukan di dalam CD installer game atau program). File autorun.inf sendiri adalah perintah otomatis untuk menjalankan program atau bisa juga virus pada saat flashdisk dibuka melalui Device with removable Storage. Saat itu juga virus langsung masuk kedalam pc sobat.
Itulah alasan kenapa sobat direkomendasikan membuka flashdisk melalui navigation pane.
7.  Virus dapat memanipulasi File, loh..... biasanya virus ini berada pada flashdisk yang terinfeksi,,, virus jenis ini biasanya memanipulasi file berekstensi EXE dan DOCument dan menyembunyikan file aslinya, hati-hati. Langsung curigai file-file yang berukuran sama Kilobytenya. padahal sebenarnya ukuran semua file tidak selamanya sama ukuran bitenya. Ya kan?
Untuk file berekstensi  exe, sebelum di kirim ke flashdisk sebaiknya di kompres dahulu kedalam file RAR menggunakan program archive. Misalnya WinRAR.
Cara untuk menghilang virus ini hanya menggunakan SMADAV, caranya scan flashdisknya, Lalu bersihkan Virusnya, dan dibagian tab Hidden klik Unhidde all.
8.  Terakhir, untuk pecinta game (bajakan) kenalkan sama yang namannya crack?. saya juga suka mengoleksi game bajakan. Saya pernah mendownload game Call Of Duty War Of World, setelah menginstalnya filenya aman, awal buka aman tidak ada masalah menurut antivirus saya, sampai suatu hari saya mau  main, lalu saya buka gamenya tapi malah di deteksi SMADAV ada aktivitas virus. Jadi saya cari online tapi jawaban yang saya dapat malah nyuruh nonaktifkan antivirusnya. Lalu saya melakukan apa yang disuruh taunya pc saya langsung restart lalu tidak bisa membuka semua program. Ya sudah instal lagi windowsnya. Duh jadi Curhat :D
Tapi akhirnya saya menemukan jalan agar file cracknya tetap aman tanpa terinfeksi virus, caranya saya mengompres file cracknya, sehingga pada saat crack aslinya terinfeksi virus saya hapus lalu mengekstrak file crack yang telah dicompressed.
Oke hanya itu tips singkat dari saya yang belum terlalu lama dalam dunia komputer, mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan diatas. Saya sangat mengharapkan Kritik dan saran yang membangun. 
Jika ada Tambahan dari sobat bisa menambahkannya dalam kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengaktifkan Windows 8.1 Pro (build 9600) 32 & 64 bit

Kumpulan Icon Klub Eropa Untuk Folder PC

Pembaruan Terbaru Blog.